Assalamualaikum Wr. Wb...

Terlintas dalam fikiran saya, Apakah pengunjung yang berkunjung disini adalah pembaca atau hanya sekedar berkunjung? Kenapa demikian? karena sean­dainya seorang blogger ditanyakan, mana yang lebih dia harapkan antara pem­baca ataukah pengun­jung?
 Meskipun sampai saat ini masih belum ada pan­duan baku yang menyatakan pem­baca lebih baik dari pengun­jung atau sebalik­nya. Namun mereka sama-sama manusia (dengan melupakan sejenak kehebatan dari mesin telusur). Yang berbeda mungkin hanya maksud dan tujuannya saja saat mereka sampai ditulisan kita.
Seorang pengun­jung bisa sampai di blog kita mungkin karena “kepleset” menelusuri kata kunci di mesin telusur, atau mungkin karena iseng-iseng blogjum­ping. Tapi biasanya, mereka tidak ter­lalu peduli dengan apa yang kita tulis, dengan apa yang kita curahkan pada blog kita (atau memang tak perlu dipeduliin tulisan kita?). 

Aneh­nya banyak blogger (yang haus ketenaran – mung­kin) ter­jebak dalam persepektif bahwa banyak­nya pengun­jung ber­arti banyak juga yang mem­baca blog­nya. Well, itu tidak sepenuh­nya keliru, mem­baca sepin­tas juga ter­masuk mem­baca kan – tapi tunggu dulu, apa itu ber­arti mereka adalah pembaca???

Seorang pem­baca ber­arti adalah mereka yang memang menik­mati atau meng­gali infor­masi dari sebuah tulisan di dalam blog. Mereka tidak mau peduli ter­lalu banyak dengan apa-apa yang ada di sekitar blog, mau ada  iklan, mau dihiasi pernak-pernik seperti apapun. Toh pada dasar­nya riasan sebuah blog adalah selera pemilik blognya sen­diri, bagi saya itu adalah warna dalam dunia blog.

Intinya, sering­kali seorang blogger ter­jebak untuk mem­buat bagaimana agar banyak pengun­jung yang datang dengan meng­analogikan bahwa itu adalah pem­baca. Dan entah meng­apa ini melahirkan paham baru, ha ha…, kalau ber­bicara masalah paham, saya jadi ingat gurauan ten­tang blogger yang ber­agama SEO, ber­tuhankan Google, dengan kitab Pagerank, dan sor­ganya adalah CPM yang merupakan sen­tilan bagi blogger yang lebih meng­ejar pengun­jung daripada memedulikan pembacanya.

Namun, saya juga tidak menen­tang, jika memang seorang blogger inginkan adalah kun­jungan yang tinggi, entah dengan motif apapun.

Pada akhir­nya jika ter­nyata apa yang men­jadi per­hatian anda adalah pem­baca, maka Anda dengan sen­dirinya tidak akan merugikan pem­baca – walau dalam beberapa situasi mung­kin malah Anda men­dapatkan keun­tungan dari mereka. Anda tidak akan memusingkan diri anda dengan segala sesuatu seputar optimalisasi mesin telusur, atau bagaimana men­jadi yang paling depan di mesin telusur – bagaimana nongol di halaman depan Mbah Google.

Jika Anda beper­hatian pada pem­baca dan bukan pengun­jung, Anda akan belajar dengan sen­dirinya bagaimana meng­gunakan bahasa yang baik dalam menulis, ter­masuk dalam tata bahasa & peng­gunaan tanda baca. Anda akan belajar menam­pilkan blog yang menyeim­bangkan antara aspek kemudahan akses, keter­bacaan & estetikanya. Dan siapa tahu, Anda akan men­jadi blogger yang ber­kualitas – jauh sebelum Anda sen­diri menyadarinya.

Bahkan jika pun Anda tidak ter­lalu memikirkan ten­tang pem­baca & pengun­jung, Anda tetap bisa men­jadi blogger yang baik, selama yang Anda memang pahat di dunia maya adalah sebuah blog.

Nah, sekarang, apakah Anda seorang blogger? Jika ya, apakah jum­lah kun­jungan per harinya men­jadi per­hatian anda, ataukah bagaimana menyediakan tulisan yang tidak merugikan siapa pun?

Saya tunggu Komentarnya! (sumber artikel)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

4 komentar

  1. pRiNCe  

    "prince dtg melawat sahabat2..korang sudi tak lawat prince balik ??"

  2. Deafile  

    kunjungan balasan disini gan..
    Hmm kebanyakan pengunjung hanya sekedar berkunjung, mengisi buku tamu lalu pergi..
    tulisannya seru bgt.. bikin semangat buat bacanya..
    Like it dahh..
    ^_^

  3. Abdur Rosyid  

    Prince:Rosyid sudah berkunjung di blognya..TQ.
    Deafile:Trimakasih..Terus semangat!

  4. Bersama Dakwah Islam  

    terimakasih telah berbagi wawasan pemikiran tentang pengunjung, semua memang dikembalikan pada semua pengunjung, baik niat atau beberapa hobi membaca saja dan ada pula setelah membaca adanya pertanyaan sehingga berkomentar juga sebaliknya berterimakasih dengan komentar jika memungkinkan, yang terpenting adalah terus semangat dalam berbagi ilmu, semoga blog anda terus eksis dan ramai pengunjung, salam ukhuwah sahabat.

Posting Komentar

Posting Komentar