Assalamu'alaikum..Sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena anda telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya ini..Pada tulisan saya kali ini saya akan sedikit beropini tentang Blog yang baik dan benar. Seperti Yus Badudu (guru besar Bahasa Indonesia) dalam topiknya "Bahasa Indonesia yang baik dan benar", apakah juga terdapat statemen yang sama dalam konteks Blog?

Blog yang baik dan benar.

Ya benar!, adakah statemen seperti itu untuk kegiatan blog? 

Seandainya kita tanyakan kepada programmer, serious blogger, atau wartawan,saya yakin jawabannya juga berbeda-beda. Berbagai jawaban yang saya bayangkan akan mungkin muncul dengan adanya statemen itu adalah:


Blog yang baik dan benar itu adalah:
  • Paling tidak bisa menyediakan feednya dengan mudah [dan kalau mungkin support multi platform feed (Atom, RSS 2.0, RSS 1.0, RSS 0.92).
  • Secara konsisten menggunakan bahasa standar (Inggris atau Indonesia dengan grammar yang benar).
  • Blog yang mampu menyediakan tulisan fresh setiap hari atau secara umum semakin sering muncul tulisan baru akan semakin baik.
  • Blog yang mampu mengutip pernyataan atau mengambil sumber informasi yang sahih dan tidak bersifat ambigu (dualisme).
  • Blog yang selalu menyertakan informasi/link untuk setiap unfamiliar word/kosa kata yang dituangkan dalam setiap tulisan.
  • Blogger yang baik tidak melakukan one-liner blog, alias hanya menuliskan satu kalimat dan kemudian mempostingkannya.
  • Berisi tulisan atau posting yang merupakan karya orisinal individu penulis blog.
  • Bukan hanya memberikan komentar atas kejadian-kejadian yang timbul di sekeliling kita.
  • Bukan hanya memberikan komentar atau ulasan produk barang, hasil tulisan orang lain, buku-buku orang lain.
  • Seharusnya merupakan pengalaman pribadi dari penulis dan bersifat non fiksi.
  • Selalu mencantumkan asal tulisan jika seorang blogger mengambil sumbernya dari tulisan lain.
  • Blog yang mematuhi kaidah netiket komunikasi.
  • Selalu menawarkan hal-hal dan pemikiran baru dalam tulisan-tulisannya.
Mungkin prasyarat-prasyarat tersebut di atas akan muncul jika kita ingin membuat satu statemen : Blog yang baik dan benar.

Saya sendiri setuju dengan adanya statemen "Blog yang baik dan benar" dan mungkin akan menyetujui beberapa prasyarat diatas. Tetapi dalam konotasi kebebasan berbicara, saya terpaksa harus tidak menyetujui prasyarat-prasyarat di atas. Karena menurut saya Blog benar-benar mewakili opini dan pendapat seseorang.


Blog = anda. 

Tidak ada manusia yang sempurna, selalu ada maling di kampung kita, selalu ada perverted person di antara kita, selalu ada kekurangan untuk menjadi manusia, dan semua orang tidak kan pernah bisa menjadi ideal.

Oleh karenanya untuk kemajuan budaya kita dan keragaman pemikiran Indonesia, saya terpaksa harus menyetujui bahwa "Blog yang baik dan benar" hanya mempunyai satu prasyarat : "Mewakili apa yang Anda pikirkan". titik!

Selama blog yang ditulis seseorang sudah mewakili apa yang ada dalam benak penulis blognya, blog tersebut sudah baik dan benar. Prasyarat seperti diatas? Kalau untuk menjadi ideal? Iya. Tapi ketika seseorang menulis pemikirannya dan membuka dirinya untuk dunia, tidak selalu bermakna mereka ingin menjadi malaikat yang ideal dimata programmer, serious blogger, wartawan ataupun orang lain.

Jadi?

Terus semangat, para blogger mania.

Seperti kata Pak Tino Sidin dalam setiap kali dia memberikan komentar untuk hasil gambar anak-anak didiknya : Bagouuuuuss !! (dengan dua jempol teracung).

Nah sekarang buat para blogger semuanya, apakah blog anda sudah termasuk kriteria Blog yang Baik dan Benar versi saya?

Saya tunggu komentarnya.

2 komentar

  1. Muhammad Arwan  

    nah gini bang, ane suka ama ms word, ane udah lumayan lama kerja dengan aplikasi itu, he he he, ya mungkin ilmu lumayan ngerti, (hihihi, ane buat blog seputar word, tapi kata-kata banyak yang saya ambil dari postingan blogger lainnya karena pada umumna sama, he he he, pedoman saya "jika ditanya tahu, tidak hana copy paste, gimana gan ?

  2. Abdur Rosyid  

    Wah...GOOD!!!
    Tetap semangat ya gan...!

Posting Komentar

Posting Komentar