Hai pembaca??
Gimana kabar Anda? semoga Anda baik-baik saja,Amin...
Air dan Api!
Ada apa gerangan? Baik langsung pembaca baca tulisan saya ini...Di tengah pasar yang ramai, di antara lalu lalang pedagang dan pembeli, seorang perempuan berlari-lari dengan seember air di tangan kanan dan sebuah obor di tangan kirinya. Orang-orang merasa heran hingga salah seorang dari mereka berteriak lantang..

”Hai perempuan,.. apa yang ingin kau lakukan dengan air dan api??”Lantang pula perempuan itu menjawab..”Dengan air ini akan kupadamkan neraka, dan dengan api ini akan kubakar surga. Agar manusia tidak lagi menyembah Tuhan karena takut neraka dan mengharapkan surga. Aku ingin setelah peristiwa ini, manusia hanya beriman dan beribadah kepada-Nya karena cinta”.
Mendengar jawaban itu, orang-orang pasar justru tertawa. Tak peduli sedikit pun kepada kata-katanya. Bahkan mereka menganngap dia sebagai perempuan gila. Namun, banyak juga diantara mereka yang tersipu, langsung bersujud ke tanah karena didera rasa malu. Sebab, kata-kata yang terucap dari mulut perempuan itu serasa anak panah menusuk jantung kalbu.
Betapa dahsyat perumpamaan air dan api jika diucapkan orang yang terlibat sepenuh hati. Meski sudah berabad-abad lamanya, perempuan itu masih dikenang dan dihormati sepanjang sejarah. Dialah Rabi’ah al-Adawiyah,yang selalu dikisahkan dalam narasi kehidupan orang-orang beriman.
Kini di tengah sejarah yang berjalan ini, kita pun perlu berguru kepada hikmah tersembunyi dibalik perumpamaan air dan api yang diucapkan Rabiah. Karena senyatanya, keberlangsungan hidup manusia tak bisa berpisah dengan air dan api. Sebab, air adalah darah, sumber dan inti kehidupan di muka bumi. Sementara api melambangkan gairah yang terus berubah untuk mencair-hanguskan segala yang beku dan tidak berguna dalam kehidupan manusia.

Sekian yang dapat saya tulis, semoga bisa bermanfaat!

0 komentar

Posting Komentar

Posting Komentar